2 Rekomendasi Masakan Saus Pedas Yang Bakal Bikin Ketagihan

Completely free clipart of hot sauce

Siapa sih yang tidak suka dengan saus pedas asam manis? Jenis saus ini menjadi salah satu makanan yang banyak disukai oleh semua kalangan. Rasanya yang sangat khas membuat saus ini banyak dijadikan sebagai salah satu bumbu atau bahan campuran pada berbagai macam masakan. Misalnya saja menu seafood, ayam dan juga daging yang akan bertambah nikmat apabila diberikan campuran saos ini.
Saus pedas asam manis ini memang sangat mudah ditemukan di pasar atau supermarket yang biasanya dikemas dalam kemasan praktis. Akan tetapi jika Anda enggan menggunakan saus tersebut, Anda bisa membuat sendiri di rumah. Selain bisa membuat saus sendiri, Anda juga bisa menkombinasikan langsung dengan resep masakan yang Anda sukai. Berikut ini ada beberapa resep cara membuat saus berbumbu pedas yang sangat rekomended sekali untuk dicoba beserta masakannya, yaitu :

1. Udang pedas asam manis

Resep kombinasi pedasnya saus yang perlu Anda coba adalah udang pedas asam manis. Untuk membuatnya sangat mudah sekali. Anda perlu menyiapkan beberapa bahan-bahan utama sebagai berikut yaitu, udang kupas, 10 sendok makan tepung terigu, 2 sendok makan tepung maizena, garam, kaldu ayam, dan merica bubuk secukupnya.
Setelah menyiapkan beberapa bahan, maka selanjutnya Anda harus mengikuti langkah-langkah membuat masakan berikut ini, yaitu :
• Campurkanlah tepung, garam, kaldu jamur, dan merica bubuk. Bagilah dalam dua wadah. Wadah pertama basah dan wadah kedua kering. Pada wadah basah Anda bisa campurkan air secukupnya hingga tektur berubah menjadi kental
• Balur udang kupas dalam wadah kering dan selanjutnya masukan pada wadah basah. Setalah itu masukan kembali ke wadah kering
• Gorenglah udang yang sudah berbalut tepung hingga berubah warna menjadi kecoklatan dan sisih.
Untuk membuat sausnya yang pedas siapkan beberapa bahan seperti 5 siung bawang putih, 1 buah bawang bombai, 1 buah wortel yang sudah diiris korek, 1 buah timun buang bijinya, ½ buah paprika, buah nanas, 1 buah tomat yang sudah diambil kulitnya, 10 sendok makan saus lombok pedas, dan 1 sendok makan tepung maizena. Setelah itu, ikutilah langkah berikut ini, yaitu :
• Tumis bawang bomba dan bawang putih sampai harum
• Maukan irisan wortel dan beri sedikiut air lalu masak hingga setengah matang
• Masukan tomat, nanas dan paprika yang sudah di iris
• Tambahkan bumbu gula, garam, dan kaldu jamur agar rasanya tambah kuat
• Masukan satu sendok saus cabai dan larutan maizena. Setelah itu aduk terus hingga mengental
• Langkah terakhir, masukan irisan timun. Siram udang tepung tersebut dengan bumbu pedas ini. Anda juga bisa menikmatinya dengan cara mencocol udang pada bumbu pedas ini.

2. Ayam Pedas

Jika Anda tidak suka dengan seafood, maka Anda bisa memasak olahan ayam pedas asam manis. Bahan-bahan yang diperlukan adalah dada ayam poyong kotak, tepung terigu, tepung berbumbu, garam, lada, jeruk nipis, bawang putih, wortel iris korek api, bawang bombai, bawang putih dan merah, saus cabai, daun bawang dan cabai merah.
Untuk cara membuat masakannya sangat mudah. Berikut penjelasannya, yaitu :
• Campurkan potongan daging ayam dengan perasaan air jeruk nipis, lada, dan baang putih yang sudah dihaluskan. Jangan lupa tambah dengan garam dan aduk hingga rata. Diamkan selama 10 menit agar bumbu meresap sempurna.
• Campur tepung terigu dengan tepung bumbu serbaguna sesuai selera dan tambahkan air secukupnya. Sementara itu, pada wadah lain siapkan tepung kering.
• Celupkan ayam pada tepung basah dan kemudian ke tepung kering. Goreng hingga matang dan sisihkan.
• Setelah selesai menggoreng, buat bumbu pedasnya. Tumis bawang merah, putih, bombai hingga harum. Masukan saus cabai sesuai selera sambil diaduk. Setelah itu, masukan irisan wortel dan tambah sedikit air
• Tunggu hingga mendidih. Masukan irisan cabai merah dan daun bawang tunggu hingga saus pedas matang
• Untuk cara penyajiannya, bisa Anda siramkan bumbu saus nan pedas ini ke daging ayam atau dijadikan sebagai cocolan juga enak kok.

Dua resep masakan saus pedas perlu banget Anda coba di rumah. Selain bahannya sangat sederhana, cara membuatnya sangat praktis dan mudah. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *