Apakah Bimbel Termasuk Pendidikan Non Formal ? Simak Ulasannya

Jalur pendidikan terbagi menjadi dua macam yaitu pendidikan formal dan pendidikan non formal. Kedua jalur pendidikan ini jelas berbeda sesuai mata pelajaran yang dipelajari dari masing masing bidang. Bimbingan belajar adalah salah satu lembaga belajar yang mampu mendukung prestasi siswa. Nah apakah bimbel termasuk pendidikan non formal atau informal ? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut.

Perbedaan Pendidikan Formal dan Informal

Menurut Pasal 1 Ayat 6 Peraturan Pemerintahan Nomor 17 Tahun 2010 menyatakan bahwa pendidikan formal adalah pendidikan yang diselenggarakan di sekolah sekolah pada umumnya. Penyelenggaraan pendidikan ini mempunyai jenjang pendidikan yang jelas, mulai dari pendidikan dasar, pendidikan menengah sampai pendidikan tinggi. Jalur pendidikan ini adalah salah satu jalur paling umum yang sering ditempuh oleh anak di Indonesia.

Tujuan dari pendidikan ini adalah untuk membentuk manusia yang memiliki kedewasaan jasmani dan rohani. Ada berbagai macam karakteristik dari pendidikan formal yaitu memiliki kurikulum yang jelas, memberlakukan syarat tertentu bagi peserta didik, materi pembelajaran yang bersifat akademis, dan proses pendidikan yang cukup lama.

Ijazah dalam pendidikan formal juga memegang peranan penting terutama bagi penerimaah siswa pada tingkat yang lebih tinggi. Apakah bimbel termasuk pendidikan non formal ? Pendidikan non formal memiliki pengertian jalus pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakn secara terstruktur dan berjenjang untuk memenuhi kebutuhan pendiidkan peserta didik tertentu.

Pendidikan ini bertujuan untuk mendapatkan informasi, pengetahuan, latihan dan bimbingan sehingga bisa bermanfaat bagi keluarga, masyarakat dan negara. Pendidikan non formal ini paling banyak akan didapati untuk usia dini misalnya taman pendidikan al Qur’an, Madrasah Diniyah, bimbingan belajar dan masih banyak lembaga lain yang menerapkan pendidikan nonformal untuk mendukung kemampuan anak.

Menurut Philips H. Combos pendiidkan non formal adalah setiap kegiatan yang terorganisir dan diselenggarakan diluar sistem formal. Menurutnya pendidikan ini bisa dilakukan sendiri maupun bagian dari suatu kegiatan yang luas. Apakah bimbel termasuk pendidikan non formal ? Adapun karakteristik dari pendidikan non formal antara lain bertujuan untuk memperoleh keterampilan, berpusat pada peserta didik, waktu penyelenggaraannya relative singkat.

Manfaat Mengikuti Bimbel Sebagai Pendidikan Non Formal Bagi Anak

Ada banyak sekali mnafaat yang bisa dirasakan anak ketika mengikutsertakan anak dalam bimbingan belajar. Dengan bantuan bimbel anak akan sangat terbantu untuk memahami materi yang didapatkan di dalam kelas. Anak akan belajar dengan lebih intensif kepada tentor yang sudah menguasai materi untuk membantu menyelesaikan atau memahamkan materi dari sekolah. Guru bimbel juga akan memberikan soal soal latihan yang dapat membantu anak untuk belajar.

Mengikutsertakan anak dalam bimbel juga akan membuatnya memanfaatkan waktu luang dengan baik. Setelah pulang, anak akan terbiasa untuk meluangkan waktunya untuk belajar dan tidak memanfaatkan waktu luang dengan hal yang tidak bermanfaat. Apakah bimbel termasuk pendidikan non formal ? Ya, bimbel akan memberikan banyak pengalaman baru untuk anak. Banyak teman baru yang dimiliki anak di lingkungan bimbingan belajar yang baru.

Itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan mendasar dari pendidikan formal dan informal. Dengan mengikutsertakan anak dalam pendidikan non formal, anak akan memiliki pengalaman yang lebih banyak dan berinteraksi dengan orang baru disekitarnya. Sebagai orang tua anda bisa memilihkan pendidikan non formal yang cocok untuk anak anda. Misalnya saja les musik, belajar tari, les vokal atau les lainya yang bisa membantu tumbuh kembang anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *