Cara Mengajari Anak Mengenal Huruf

Usia dini memang saat yang tepat untuk mengajak anak untuk belajar membaca, menulis, dan menghitung. Namun perlu tahapan untuk mengajarkan beberapa hal tersebut pada anak. Untuk anak usia balita, ada baiknya untuk mengenalkan huruf terlebih dahulu agar proses belajar tidak membuat anak menjadi tertekan. Sebab, anak usia balita cenderung menyukai kegiatan yang menyenangkan. Lalu, bagaimana cara mengajari anak mengenal huruf? Yuk simak ulasannya disini.

Cara Mengenalkan Huruf Kepada Anak Agar Si Kecil Makin Pintar

1. Menggunakan Rantai Huruf

Permainan rantai huruf ini bertujuan untuk mengenalkan huruf A hingga D secara berurutan. Selain agar anak bisa mengenali huruf, permainan tersebut juga dapat membantu anak untuk melafalkan huruf. Anda bisa membuat kartu tersebut dengan kertas karton ukuran 5 × 5 cm. kemudian, anda bisa membolongi kedua sisi yang berhadapan untuk mengikat ‘rantai’ pita. Dan satu kartu mewakili satu huruf.

Cara permainan ini cukup mudah. Anda hanya perlu mengajak anak anda bernyanyi lagu ABCD. Kemudian berikan contoh cara menempatkan huruf tersebut secara berurutan dan minta si kecil untuk melakukan hal yang sama. Selanjutnya, anda dapat mengajari anak untuk mengikatkan pita pada kedua kartu tersebut sehingga membentuk sebuah rantai. Anda juga menggunakan seri huruf lainnya sesuai urutan sebagai cara mengajari anak mengenal huruf dengan metode ini.

2. Jepitan Huruf

Cara mengajarkan anak mengenal huruf selanjutnya bisa menggunakan metode jepitan huruf. Anda hanya perlu menyiapkan karton yang betuliskan huruf dan juga jepitan jemuran. Dengan menggunakan lagu ABCD, anda bisa mengajari anak cara memasang jepitan pada setiap huruf A, B, C, dan juga D secara berurutan. Jangan lupa untuk mengajak anak melafalkan huruf huruf tersebut secara bersamaan. Setelah itu anda bisa meminta anak untuk mengulanginya dengan cara dia sendiri.

3. Permainan Mencari Huruf

Dalam permainan ini anda perlu membuat kartu hururf dengan kertas karton dan spidol marker. Satu kartu tersebut untuk satu huruf. Dalam metode ini anda bisa membuat minimal 3 set kartu atau anda juga bisa membuat kartu untuk 26 huruf alpabet. Permainan dalam cara mengajari anak mengenal huruf satu ini cukup mudah untuk anda ajarkan kepada anak.

Sebagai contoh, anda ingin mengajari anak dengan simbol huruf E. Anda bisa mengawali permainan tersebut dengan mengenalkan set kartu ABCD satu persatu pada anak dan meminta dia untuk melafalkannya. Kemudian sebar kartu tersebut dengan jumlah masing masing tiga lembar. Kemudian arahkan anak anda untuk mencari kartu huruf E tersebut hingga berjumlah tiga lembar.

4. Permainan Menempel Huruf

Permainan ini membutuhkan stiker huruf. Anda bisa mencetak stiker tersebut pada kertas stiker 15 × 15 cm atau bisa membeli stiker di toko buku. Selain itu anda juga perlu menyediakan media untuk menempelkan stiker, anda bisa menggunakan kertas karton atau lantai rumah. Dalam cara mengajari anak mengenal huruf metode ini awali dengan mengenalkan huruf, kemudian tempelken stiker huruf A di media tempel. Selanjutnya anda bisa mengarahkan anak untuk melanjutkannya.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengajari anak mengenal huruf. Dengan mengenali huruf sedari dini, ada kemungkinan jika anak akan memiliki pengetahuan lebih sebelum dia memasuki masa sekolah. Anda bisa menggunakan metode permainan yang menyenangkan agar anak senang ketika belajar dan tidak cepat bosan. Mungkin anda bisa mengkombinasikan metode tersebut dengan beberapa mainan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *