Cara Mengisi dan Membeli Token Listrik

Hidup di jaman yang serba canggih, Anda pastinya menyadari bahwa listrik merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi dengan baik. Tanpa adanya listrik, masyarakat Indonesia tidak dapat melakukan kegiatan atau aktifitasnya dengan baik. Peralatan listrik tidak dapat digunakan sehingga menghambat kinerja masyarakat. Jika dahulunya masyarakat menggunakan listrik pascabayar, kini masyarakat menggunakan token listrik yang cara penggunaanya indentik dengan pulsa. Keberadaan token Indonesia ini membuat Anda dapat mengontrol penggunaan listrik dengan baik. Bagi Anda yang ingin tahu secara mendetail akan cara pengisian dan pembelian token listrik, ada baiknya untuk memperhatikan penjelasannya di bawah ini.

Pembelian token listrik dapat dilakukan melalui Listrik Pintar. Sistem pembelian token ini dapat dilakukan di PLN dengan jumlah tertentu. Pengisian token listrik juga dapat Anda lakukan di minimarket, aplikasi e-commerce dan melalui ATM. Berikut cara mudah yang dapat Anda lakukan:

a. Pembelian counter pulsa dan minimarket
Baik minimarket dan counter pulsa menjadi tempat yang dapat Anda kunjungi untuk mengisi dan membeli token listrik. Pada saat melakukan pembelian, Anda harus menunjukkan ID pelanggan listrik terlebih dahulu kepada penjual atau kasir. Nomor ID tersebut menjelaskan akan identitas pengguna listrik. Langkah selanjutnya adalah menentukan nilai nominal token listrik yang akan Anda beli. Nominal tersebut sebaiknya Anda sesuaikan dengan penggunaan listrik dalam jangka waktu tertentu.Anda selanjutnya akan mendapatkan kode berupa 20 kombinasi angka. Kode unik tersebut akan Anda gunakan untuk mengisi token di rumah.

b. Pembelian melalui e-commerce
Pembelian token listrik melalui e-commerce sangat mudah dilakukan. Pertama-tama, Anda harus menunjuk aplikasi apa yang akan Anda gunakan untuk membeli token. Jika telah terpilih, Anda hanya perlu memilih opsi beli token listrik pada aplikasi tersebut. Kemudian, Anda dapat mengisi ID pelanggan atau nomor meter dan lanjutkan dengan memilih jumlah nominal yang akan diisi. Anda dapat melanjutkan untuk mengklik “pilih”. Lanjutkan dengan chekout dan bayar tagihan pembelian token. Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer bank, kartu kredit dan uang virtual. Setelah pembayaran selesai dilakukan, Anda akan mendapatkan nomor token sebanyak 20 digit. Masukkan k2-20 digit tersebut pada token listrik yang ada di rumah.

Jika diperhatikan dengan seksama, pembelian token Indonesia memberikan dampak baik bagi para pelakunya. Hemat secara ekonomis merupakan salah satu keuntungan yang akan Anda peroleh dengan membeli token listrik. Jika listrik habis, Anda tidak akan dikenai denda dan tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu mendapatkan tagihan listrik yang membengkak. Anda bahkan tidak harus membayarkan biaya administrasi ketika menggunakan token listrik. Keuntungan menggunakan token lainnya adalah dapat menyesuaikan jumlah pengeluaran. Karena berupa token, Anda dapat membelinya dengan jumlah nominal yang dapat disesuaikan. Jumlah pembelian token dapat dilakukan berdasarkan dengan seberapa besar listrik yang Anda gunakan setiap bulannya.

Jika hal ini dilakukan, Anda tentunya dapat mengetahui jumlah pengeluaran yang Anda keluarkan setiap bulan. Lebih praktis dan efisien menjadi kelebihan lainnya dari token listrik. Pada saat pembelian token, Anda tidak perlu pergi jauh dan menghabiskan banyak waktu. Hanya dengan bermodalkan gadget, token dapat Anda beli dengan mudah. Pembelian token dapat dilakukan kapan saja. Anda tidak harus membelinya sebelum tanggal 20 seperti halnya pembayaran listrik pascabayar. Pembelian token membuat Anda tidak perlu merasa cemas akan biaya dan waktu pembayaran listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *