Cara Tepat Memilih Bir Hitam Yang Berkualitas

Bagi Anda pecinta bir, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara memilih bir yang berkualitas. Dengan begitu, akan lebih mudah dalam menikmati bir dengan kelezatan yang sudah tidak diragukan lagi. Anda dapat menikmatinya bersama dengan teman atau orang terdekat lainnya. Salah satu bir yang direkomendasikan adalah bir hitam Guinness.

Bagaimana Cara Memilih Bir Hitam Berkualitas?
Ada beberapa cara yang perlu Anda perhatikan saat ingin memilih bir yang berkualitas. Kebanyakan orang bahkan mungkin tidak terlalu memperhatikan beberapa cara tersebut. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikannya. Di bawah ini diantara cara memilihnya:

1. Ketahui kandungan alkohol terlebih dahulu
Saat ingin memilih atau membeli bir, maka sangat penting bagi Anda untuk menentukan atau mengetahui kandungan alkohol terlebih dahulu. Lantas, bagaimana cara mengetahuinya? Yakni dengan menemukan tulisan OG atau Original Gravity serta FG atau Final Gravity. Kedua hal tersebut nantinya dapat dilihat untuk mengukur ABV atau Alcohol By Number.
Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengetahuinya adalah dengan melihat total presentase dari massa bir yang ada. Adapun rasa minuman bir yang ada di pasaran sendiri pada dasarnya akan dipengaruhi oleh kandungan alkoholnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengecek terlebih dahulu berapakah kandungan alkohol di dalamnya.

2. Rasa yang konsisten
Sebuah bir yang berkualitas tentu memiliki rasa yang konsisten. Hal ini berarti bir tidak akan meninggalkan rasa yang aneh setelah dinikmati oleh seseorang. Terlebih, bir yang enak dan berkualitas juga seharusnya mempunyai rasa yang cenderung seimbang. Artinya yakni sebuah bir tidak seharusnya memiliki rasa yang mengalahkan usur lain di dalamnya.
Apabila hal tersebut terjadi, maka hanya akan menyebabkan rasanya menjadi kurang nikmat. Contohnya saja ketika rasa bir cenderung lebih pahut, kemudian saat Anda membuka indra perasa tentu saja kenikmatan yang ada tidak akan terasa memuaskan.
Umumnya, bir yang memiliki rasa yang tidak seimbang sendiri akan lebih mudah meninggalkan sisa rasa yang kurang enak. Sementara itu, pada bir dengan kualitas yang jauh lebih tinggi umumnya akan meninggalkan kesan rasa akan tetapi dapat hilang denngan lebih cepat.

3. Perhatikan aroma bir
Umumnya aroma dari minuman bir dapat Anda gunakan untuk mengetahui seperti apa kualitasnya. Dengan menghirup aroma tersebut, Anda dapat dengan mudah untuk mengetahui apa saja bahan utama yang digunakan. Terlebih bagi mereka yang merupakan seorang penikmat bir sejati.
Anda dapat mencium sedikit dari aroma bir tersebut agar dapat menentukan apakah ingin menikmati bir tersebut atau tidak. Kemudian, apabila mendapati bir yang kurang familiar dengan yang biasanya dinikmati, maka bisa jadi kualitasnya cukup rendah.

4. Perhatikan juga warnanya
Perlu diketahui bahwa warna bir sebenarnya tidak dibuat dengan sembarangan. Umumnya, seorang peracik bir memakai analisa warna bir agar dapat membuat standar pada bir yang berkualitas. Oleh karena itu, tidak heran apabila warna dapat memberikan rasa tersendiri bagi bir. Selain itu, warna juga bisa memperlihatkan tekstur ideal sebuah bir.
Adapun pembuatan warna tersebut didasarkan pada beberapa hal. Yakni dengan memperhatikan bahan baku khusus, jenis hop yang dipakai, tingkat pH, serta durasi pendidihan. Apabila minuman bir tersebut semakin lama didihkan maka bir juga akan memiliki warna semakin coklat.

Itulah beberapa informasi mengenai beberapa cara yang perlu diperhatikan saat ingin memilih bir. Agar Anda tidak salah dalam memilih minuman jenis tersebut, maka pastikan saja untuk memilih bir dengan kualitas yang sudah terbukti. Salah satu yang paling direkomendasikan tidak lain yakni bir hitam Guinness.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *