Kartu Perdana Internet Teratas di Indonesia

Penggunaan internet tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia saat ini. Jika dulu pemakaian ponsel hanya mendukung komunikasi melalui panggilan telepon atau SMS, sehingga membutuhkan pulsa, maka saat ini sebagai pengguna ponsel lebih memilih pembelian paket data karena dinilai lebih efisien. Diantara provider internet di Indonesia, manakah yang masuk rangking paling atas dalam penyediaan internet di Indonesia? Yuk simak ulasan berikut ini.

Kartu Perdana dengan Kecepatan Mobile Internet Tertinggi

Berdasarkan pengujian yang sudah dilakukan sebelumnya mengenai kecepatan internet yang dimiliki oleh lima operator seluler yang ada di Indonesia, diperoleh jika kartu perdana Telkomsel mendapatkan poin terbanyak selama penilaian. Dari riset tersebut dihasilkan 401.816 hasil pengujian yang dilakukan oleh pengguna nPerf sepanjang tahun sebelumnya. Hal ini didasarkan pada enam aspek yang ada pada kartu perdana tersebut.

Adapun akses yang diukur meliputi succes rasio (angka sukses hasil pengujian), download bitrate (kecepatan unduh), upload bitrate (kecepatan upload), latency (tingkat kestabilan internet) dan pengalaman browsing serta streaming Youtube. Secara keseluruhan, provider Telkomsel dinobatkan sebagai operator seluler yang mampu menyediakan performa internet terbaik, dimana total poin yang dimiliki operator seluler ini yaitu sebanyak 35.499 poin.

Dengan kecepatan internet yang mumpuni, tak heran jika penggunaan internet diminati oleh masyarakat Indonesia. Kualitas jaringan yang disediakan oleh kartu perdana ini sangat baik, bahkan tidak hanya dikota kota besar saja melainkan di tempat Indonesia pelosok. Dengan demikian, Telkomsel merupakan kartu perdana internet bagus, dengan berbagai pilihan paket menarik yang ditawarkan bagi para pengguna ponsel yang hobi berselancar internet.

Kualitas Internet yang Disediakan Kartu Perdana di Indonesia

Selain kartu perdana Telkomsel, terdapat beberapa kartu perdana lain yang juga menyediakan jaringan internet bagi para pengguna smartphone, diantaranya XL, Tri, Smartfren dan IM3 Ooredoo yang masing masing memperoleh nilai keseluruhan 28.384, 23.190, 23.107 dan 19.839 poin. Jika nilai keseluruhan, Telkomsel memang dinilai unggul. Namun, dalam aspek kecepatan download yang dimiliki, kartu perdana ini masih tertinggal dengan Smartfren.

Smartfren memiliki kecepatan download rata rata paling kencang dengan kecepatan menjadi 10, 62 Mbps. Sedangkan kecepatan download rata rata yang dimiliki oleh Telkomsel yaitu 9,96 Mbps. Jika dilihat memang selisih keduanya tidak terlalu jauh. Sedangkan dari segi kecepatan upload, Telkomsel masih menjadi yang teratas dengan kecepatan ungguh rata rata yaitu 7,89 Mbps. Sedangkan kecepatan upload dari Smartfren hanya 3,94 Mbps.

Tidak hanya itu, Telkomsel juga unggul dalam hal pengalaman browsing dan streaming yang memiliki tingkat performa masing masing yaitu 37,4 persen dan 71,5 persen. Nilai browsing didapat dari seberapa lama sebuah halaman dimuat, sedangkan nilai streaming diperoleh dari seberapa lama youtube dimuat beserta dengan kelancaran proses buffering.

Sedangkan jika dilihat dari aspek latency, diantara operator seluler di atas, maka XL dinilai paling unggul. Operator ini memiliki kestabilan internet dengan nilai latency rata rata 62 m/s. Tingkat latency ini sangat berguna untuk bermain game online. Dengan demikian, XL dinilai sebagai kartu perdana internet bagus untuk para penggemar game online.

Jika dilihat dari hasil pengujian yang telah dilakukan pada kartu perdana yang ada di Indonesia, operator seluler yang memperoleh poin tertinggi adalah Telkomsel. Selain unggul dari kecepatan internet yang dimiliki, kartu perdana ini juga memiliki kecepatan upload yang unggul. Tidak hanya itu, keunggulan kartu perdana ini juga ditemukan pada pengalaman browsing dan streaming youtube.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *