Mempelajari Pentingnya Pendidikan Anak Dalam Keluarga

Pendidikan akan membuat generasi yang belum matang menjadi siap bersaing dengan penghidupan sosial. Tentu pendidikan pada anak sangatlah penting untuk membantu tumbuh kembang anak di masa yang akan datang. Adanya dukungan dari keluarga akan membuat anak mau menempuh pendidikan hingga jenjang yang lebih tinggi. Yuk simak ulasan pentingnya pendidikan anak dalam keluarga berikut.

Alasan Pentingnya Pendidikan Anak

Sejatinya pendidikan dimulai dari dalam keluarga sebelum anak menempuh pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Dalam keluarga anak akan mempelajari banyak hal seperti berinteraksi dengan orang lain, menyatakan keinginan dan perasaan, menyampaikan pendapat, bertutur kata, bersikap hingga menganut nilai nilai tertentu yang bisa dijadikan prinsip dalam hidup.

Pada intinya pendidikan dalam keluarga merupakan basis pendidikan bagi setiap orang. Pendidikan dalam keluarga sendiri tidak memiliki suasana seperti pendidikan di sekolah. Para orang tua tidak akan membutuhkan bangku, meja, papan tulis dan media pembelajaran lainya. Pendidikan dalam keluarga juga tidak membutuhkan oknum pendidik seperti guru atau dosen.

Meski demikian keluarga memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan guru di sekolah atau dosen di pergruan tinggi. Orang tua yang merupakan pendidikan anak dalam keluarga, akan menstransfer ilmu pengetahuan yang sudah dipelajarinya. Namun tentunya bukan pengetahuan dalam hal mata pelajaran, melainkan pengetahuan tentang kehidupan.

Keluarga adalah unit terdekat yang dimiliki sang anak dalam kehidupan sehari harinya. Dengan adanya keluarga, anak akan memiliki rumah pulang yang tepat dan berfungsi sebagai tempat perlindunganya. Untuk itu peran orang tua sangatlah penting untuk selalu membangun mental anak dan juga pengetahuan kehidupan yang mungkin saja dihadapi anak di masa yang akan datang.

Fungsi Keluarga Dalam Pendidikan Anak

Karena keluarga memiliki peran yang sangat penting untuk perkembangan anak, ada beberapa fungsi keluarga yang penting untuk diketahui oleh orang tua. Keluarga memiliki fungsi relasi antara anggota keluarga yang bersifat mendasar dan eksklusif karena memiliki ikatan biologis. Keluarga berperan untuk menciptakan persahabatan, kecintaan, rasa aman, dan hubungan interpersonal yang bersifat berkelanjutan.

Keluarga sendiri juga sangat berperan untuk memberikan kesempatan kepada anggotanya untuk menyadari dan memperkuat nilai kepribadian sebagai pendidikan anak dalam keluarga. Hanya di dalam keluarga anak akan bebas mengekspresikan kepribadian asli yang dimilikinya. Kesempatan menunjukkan bagaimana kepribadianya ini sangat penting untuk membangun harga diri yang dimiliki oleh sang anak.

Keluarga juga memiliki fungsi sebagai sumber kasih sayang pada anak secara ikatan biologis. Umumnya keluarga akan terbentuk dengan jalinan kasih dan sayang antara ibu dan ayah. Di dalam keluarga ini anak akan merasakan kasih sayang dan belajar bagiamana menyatakan perasaan cinta kasih kepada orang lain. Apabila kelurga gagal dalam membangun cinta dan kasih, anak akan memiliki potensi untuk terjerumus ke hal hal yang tidak diinginkanya.

Fungsi keluarga selanjutnya adalah sebagai wadah pemenuhan kebutuhan baik secara materiil maupun spiritual. Institusi yang bertanggungjawab terhadap kebutuhan anak bukanlah pemerintahan, melainkan keluarga. Itulah sebabnya apabila kebutuhan anak tidak tercukupi maka pihak yang bertanggung jawab adalah keluarga, sehingga pendidikan anak dalam keluarga ini penting adanya.

Itulah beberapa ulasan mengenai pendidikan dalam keluarga yang dirasa penting untuk diberikan sejak anak berusia dini. Dengan selalu mendukung tumbuh kembang anak, kepribadian anak akan terus berkembang dan bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Keluarga juga merupakan komponen penting bagi anak karena, merupakan tempat dan ruang untuk memberikan rasa aman dan sebagi pemenuhan kebutuhan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *