Tips Memilih PABX Untuk Kebutuhan Kantor

Private Automatic Branch Exchange atau PABX kini telah menjadi alat yang dibutuhkan untuk komunikasi dalam sebuah perusahaan atau kantor, yang memiliki banyak pesawat telepon. Saat ini banyak kantor yang berkeinginan membeli perangkat telepon PABX untuk kebutuhan kantornya. Oleh karena itu agar anda tidak salah ketika membelinya, simak beberapa tips memilih PABX murah berikut ini.

Tips Memilih Sebelum Membeli PABX

1. Memperhatikan Kapasitas PABX
Tips yang pertama ini adalah dengan memperhatikan kapasitas dari PABX. Maksudnya bahwa anda harus menentukan jumlah kebutuhan anda dalam penggunaan PABX serta jumlah trunk line yang ada pada perangkat telepon ini. Trunk lines tersebut sering disebut sebagai CO Lines atau Koneksi Public Switched Telephone Network untuk berkomunikasi dengan dunia luar. Untuk menentukan jumlah CO Line tersebut tergantung pada banyaknya pos penting yang memerlukan konektivitas ini.

Oleh karena itu anda harus mengetahui jumlah karyawan yang akan menggunakan telepon dan frekuensi aktivitas keluar masuk telepon. Apabila kantor anda memiliki aktivitas pemasaran yang tinggi, maka tentu saja anda akan membutuhkan CO Line yang lebih banyak dibandingkan dengan kantor yang hanya sekedar melakukan pengembangan produk saja. CO Line tersebut dapat berbentuk digital maupun analog.

2. Mengetahui Kemampuan Upgrade PABX

Hal yang harus diperhatikan sebelum membeli PABX adalah mengetahui kemampuan upgrade dalam menambah kapasitasnya. Tips satu ini sangatlah penting, dikarenakan ada beberapa sistem telepon PABX yang tidak dapat di upgrade kapasitasnya. Serta dengan adanya kemampuan upgrade yang dimiliki oleh perangkat telepon ini, akan membantu perusahaan atau kantor anda untuk berkembang.

3. Mengetahui Harga dari PABX

Mengetahui harga dari sistem telepon PABX ini merupakan faktor yang sangat penting sebelum anda membelinya. Pastinya mayoritas orang akan mencari PABX murah serta yang memiliki kualitas yang bagus. Tetapi hal tersebut tidak bisa sepenuhnya terjadi, karena biasanya PABX yang memiliki harga yang lebih terjangkau memiliki kualitas yang kurang sehingga tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik.

Oleh karena itu anda harus mempertimbangkan budget yang akan digunakan untuk membeli sistem telepon satu ini. Anda juga harus memastikan dengan benar, merk PABX yang layak untuk digunakan di kantor anda. Apabila kegiatan komunikasi melalui telepon kerap dilakukan di kantor anda, maka anda haruslah memilih produk PABX yang memiliki kualitas terbaik. Kemudian perhatikan pula biaya pemeliharaannya dan dukungan vendor dalam pelayanan jual beli ini.

4. Memperhatikan Fitur yang Dimiliki Oleh PABX

yang dimiliki oleh sistem telepon satu ini tergantung pada jenis dan tipe dari PABX sendiri. Tetapi semua jenis PABX setidaknya memiliki beberapa fitur seperti call transfer, caller ID, conference call, auto attendant, dan call forwarding. Oleh karena itu anda perlu memperhatikan kebutuhan anda dengan fitur yang disediakan oleh PABX yang akan anda beli. Sebagai contohnya saja PABX Panasonic TES824 yang banyak digunakan oleh small bisnis.

PABX tersebut memiliki kapasitas minimum 3 CO Line + 8 extension dengan harga kisaran Rp. 3 jutaan. Sistem telepon tersebut juga masih bisa diupgrade sampai kapasitas maksimumnya yaitu 8 CO Line + 24 extension dengan menambahkan card expansion. Tetapi untuk melakukan upgrade tersebut anda harus membeli card expansion yang memiliki harga sekitar Rp. 1,8 jutaan per pcs.

Apabila anda memperhatikan beberapa tips memilih PABX sebelum membelinya tersebut, maka dapat dipastikan anda akan mend
tkan PABX yang sesuai dan cocok dengan kebutuhan di kantor. Dengan begitu segala urusan anda di kantor akan lebih mudah. Jika anda masih belum bisa menemukan PABX yang sesuai, silahkan untuk melakukan konsultasi ke berbagai laman yang menyediakan jasa tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *