Tips Aman Naik Motor Saat Hujan Turun

Sekarang kita sudah memasuki musim penghujan. Tidak heran jika pagi hari cuaca terasa panas namun tiba-tiba siang hari mendung gelap lalu hujan angin. Bagi pengendara motor, hujan kerap kali menjadi hambatan ketika hendak bepergian. Padahal, kebutuhan untuk keluar rumah tidak bisa ditunda. Untuk itu, anda sebagai pengendara motor sebaiknya mengetahui tips berkendara motor saat hujan. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan.

1. Sedia Jas Hujan

Seperti kata pepatah, sedia payung sebelum hujan, anda sebaiknya berjaga-jaga untuk selalu membawa jas hujan terlebih lagi saat musim hujan. Ada berbagai macam jenis jas hujan mulai dari jas hujan batman, setelan, bahkan jas hujan plastik yang harganya hanya 10 ribuan. Anda sebaiknya benar-benar memilih jenis jas hujan apa yang paling nyaman. Anda bisa memilih jas hujan jenis kelelawar untuk proteksi maksimal tubuh bagian atas. Namun, kekurangan jas hujan kelelawar adalah bagian bawah tubuh anda kurang terproteksi. Jika anda ingin proteksi maksimal untuk tubuh bagian atas dan bawah, anda sebaiknya memilih jas hujan jenis setelan. Kekurangannya, jas hujan ini memang sedikit ribet untuk dipakai. Selain itu, jika anda membawa tas punggung yang berukuran cukup besar, anda mungkin akan merasa sedikit sesak. Anda disarankan membawa paling tidak dua jas hujan dalam jok motor sekedar untuk jaga-jaga. Jas hujan cadangan bisa berupa jas hujan plastik yang harganya murah meriah.

2. Mengatur Kecepatan

Ketika hujan turun, kondisi jalanan akan lebih licin. Oleh karena itu, anda disarankan untuk tidak berkendara ngebut. Apalagi jika hujan cukup deras. Kondisi jalanan licin cukup berbahaya dan tidak jarang kecelakaan terjadi. Hal ini disebabkan karena rem motor harus bekerja lebih keras. Jika anda tidak mengatur kecepatan dengan baik lalu motor harus melakukan rem dadakan, motor bisa kehilangan keseimbangan dan berakibat kecelakaan. Kendarai motor anda secara pelan-pelan saja karena keselamatan adalah nomor satu.

3. Hindari Genangan

Sudah menjadi rahasia umum jika kondisi jalanan di Indonesia banyak berlubang. Maka dari itu, sebaiknya anda menghindari genangan air di jalanan. Kemungkinan besar genangan air tersebut terbentuk karena lubang di jalan. Jika anda melewatinya, hal itu akan berbahaya terlebih lagi jika lubangnya dalam. Motor bisa oleng bahkan jatuh. Tidak hanya itu, kebanyakan ban motor yang melewati lubang dalam langsung bocor. Untuk menghindari hal-hal yang diinginkan, sebaiknya anda menghindari genangan air di jalanan.

4. Pakai Sepatu dan Hindari Menekuk Celana

Sebagian besar orang suka menekuk celana terlebih ketika hujan. Padahal hal tersebut kurang disarankan. Mengapa? Saat menekuk celana bagian bawah kaki tidak terlindungi. Mesin motor di area kaki cenderung panas. Menekuk celana sama saja membiarkan kaki bawah anda tidak terlindungi. Solusinya adalah dengan mengenakan sepatu boot untuk berkendara ketika hujan. Bagian bawah kaki anda tetap kering dan terlindungi.

5. Nyalakan Head Lamp

Jika sedang hujan, anda sebaiknya menyalakan head lamp atau lampu depan. Hal ini bertujuan agar pengendara lain melihat posisi anda lebih jelas. Karena ketika hujan, jarak pandang juga menurun. Selain memberitahui posisi anda, anda juga bisa waspada dengan posisi kendaraan lain sehingga resiko kecelakaan bisa dikurangi.

Sekian tips berkendara motor saat hujan, semoga tips-tips di atas membantu. Selalu ingat untuk mengutamakan keselamatan di jalan, bukan kecepatan. Jika sekiranya hujan terlalu lebat dan disertai angin, anda disarankan untuk berteduh dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *